Kakorbinmas: Satpam Itu Bukan Pengeluaran, Tapi Investasi

GUA | Jakarta — Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Suwondo Nainggolan, menyambut baik adanya penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terkait Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bersubsidi untuk satpam.

Dalam amanatnya, Suwondo berpesan keduanya bisa saling bersinergi dalam pelaksanaannya.

Suwondo meminta kepada ABUJAPI untuk memastikan benar bahwa satpam yang akan apply atau mengirim aplikasi itu memang berkepribadian baik, dan mental pembayar.

“Jangan sampai punya sifat-sifat untuk ngemplang dan sebagainya. Karena ini tidak sehat, yang akhirnya menimbulkan kekapokan kepada pihak pemberi kredit,” terang Suwondo, Kamis (6/5).

Selain itu, Suwondo juga berpesan kepada ABUJAPI agar memberi bimbingan teknis sedetail mungkin ketika satpam mengajukan KPR, sehingga tidak membuat pemohon (satpam) itu jadi malas untuk mengajukan KPR.

“Terlalu complicated (rumit) juga membuat satpam akhirnya malas untuk mengajukan KPR,” ujarnya.

Sementara kepada Bank BTN, Suwondo berpesan agar Bank BTN menyakini para nasabah mereka bisa bekerja secara nyaman karena yang jaga satpam.

“Jadi dia (satpam) pengemban fungsi kepolisian terbatas. Tidak mungkin polisi sampai masuk ke dalam gedung-gedung. Jadi yang jaga itu satpam,” jelasnya

Suwondo juga mengatakan bahwa bisnis bisa berjalan lancar karena satpam. Karenanya, kata dia, satpam itu bukan pengeluaran, melainkan investasi.

“Jadi pengamanan itu harus dihitung sebagai investasi. Sedih juga saya dengar upah satpam ada yang semau-maunya,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui bersama Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalin kerjasama dengan menggelar acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) di Jakarta, Kamis 6 Mei 2021.

Melalui kerja sama tersebut, para 1,6 juta petugas Satuan Pengamanan (Satpam) yang tergabung dalam ABUJAPI itu nantinya bisa memiliki rumah melalui fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank BTN.

Selain itu, Bank BTN juga memberikan berbagai fasilitas perbankan lainnya yang dapat dinikmati oleh sekitar 3.000 perusahaan anggota ABUJAPI.[Adm]

Comments ( 0 )

Leave your comment