Ketua Umum ABUJAPI, Agoes: Jangan Pandang Satpam Sebelah Mata

GUASECURITY. Balikpapan–Ketua Umum BPP ABUJAPI Agoes Dermawan menghadiri Musyawarah Daerah Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) wilayah Provinsi Kalimantan Timur di Hotel Platinum Balikpapan, Sabtu (19/10/2019).

Menurut Agoes, dirinya menghadiri Musda Kaltim ini merupakan kiprah pertamanya setelah dikukuhkan pada 9 Oktober 2019.

Berdirinya ABUJAPI tercetus lantaran sebuah kepedulian dari para pendiri bahwa tumbuhnya badan usaha jasa pengaman ini perlu wadah. “Bentuk kepedulian para pendiri dulu, karena ABUJAPI terus tumbuh dirasa perlu wadah, maka lahirlah ABUJAPI pada 16 Februari 2006,” ujar Agoes.

ABUJAPI sebagai wadah BUJP yang berperan membina, mencerdaskan, membuka peluang, mengembangkan badan usaha itu sendiri. Mengingat Kaltim akan menjadi ibu kota baru, dirinya menilai, ABUJAPI ini mempunyai peran yang penting untuk menyongsong ibu kota baru di Kalimantan Timur dari segi keamanan.

Agoes menambahkan, untuk menyongsong ibu kota baru ini, dirinya berharap kepada ketua BPD Kaltim untuk mempersiapkan kemampuan satpam yang smart security, apalagi sekarang di era 4.0 yang berbasis teknologi.

Pria asal Pekalongan ini menegaskan, jangan pernah memandang sebelah mata satpam, karena ke depan satpam itu akan punya peran yang sangat membantu dari sisi pengamanan. Sadar atau tidak sadar, fungsi pengamanan selain polisi adalah satpam.

“Ada atau tidak ada, sadar atau tidak, satpam itu perpanjangan tangan polisi,” imbuhnya.

ABUJAPI juga bekerjasama dengan kepolisian untuk meningkatkan kompetensi satpam. Harapannya satpam nanti bisa menjadi profesi, karena memiliki kompetensi.  “Kita pengennya satpam itu menjadi sebuah profesi, jadi ada harganya,” tutupnya. [adm]

Sumber: JurnalSecurity.com

Comments ( 0 )

Leave your comment